"Welcome to my Blog"

Selamat datang di Blog saya. Bienvenue sur mon Blog. Willkommen in meinem Blog. Benvenuti nel mio blog. Welcome to my Blog. Bienvenidos a mi blog. Welkom op mijn Blog.

Senin, 14 Mei 2012

Pemuda Indonesia dan Bahasa

“Kami putra putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia” (Petikan: Sumpah Pemuda)

BAHASA adalah sistem lambang bunyi arbitrer yang digunakan oleh anggota suatu masyarakat untuk bekerjasama, berinteraksi, dan mengindentifikasikan diri. Keraf (1994:1) memberikan pengertian bahasa sebagai alat komunikasi antar anggota masyarakat berupa simbol bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap manusia. Maka kemudian kita mengenal bahasa sebagai lambang atau identitas suatu bangsa. Karena boleh dikatakan hanya bahasalah yang bisa menandai seseorang berasal dari bangsa mana, negara mana, suku apa, bahkan hingga puak (kaum) apa, dan inilah juga yang menggolong-golongkan mereka dalam bangsa-bangsa tertentu.

Di Indonesia telah ditetapkan bahwa bahasa persatuan adalah bahasa Indonesia. Sebuah bahasa dari rumpun Melayu yang kemudian mengalami banyak sekali proses sehingga membentuk kebakuan-kebakuan baru. Proses adopsi, transliterasi, dan berbagai proses lainnya telah membentuk bahasa Indonesia sebagai bahasa yang kompleks dan utuh serta memiliki khas tersendiri.

Dalam perkembangannya, bahasa Indonesia-dalam format baik dan benar-kemudian mengalami pergeseran yang lumayan jauh. Semisal dalam pergaulan sehari-hari, bahasa Indonesia pasar lebih banyak digunakan daripada bahasa Indonesia baku. Ini sebenarnya tidak salah, mengingat betapa perkembangan budaya menjadi penting untuk diikuti dengan meletakkan bahasa pada sifatnya yang elastis.

Betawi dan Sunda mengirimkan bahasa mereka ke tonggak tertinggi penggunaannya dalam pergaulan para muda saat ini. Mereka dibantu oleh pesatnya teknologi informatika yang sebagian besarnya dipegang oleh awak mereka. Kita tak asing lagi mendengar seseorang mengucap “gue, loe, gimana, jelasin” atau kata-kata lain yang seolah sudah baku dalam pergaulan. Bahkan kemudian banyak terlihat kita menertawakan orang-orang-para muda-yang menggunakan kata “saya, kamu, bagaimana, jelaskan” yang pada dasarnya memang baku sesuai kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar itu.

Ini juga tak salah, karena bahasa daerah-atau dialeknya-sendiri adalah pendukung bahasa Nasional, bahasa pendukung pembelajaran dan pendidikan di sekolah, dan alat pengembangan serta pendukung kebudayaan daerah yang nantinya akan berfungsi juga mendukung perkembangan budaya Nasional. Namun, bila bahasa daerah ini kemudian lebih digdaya di atas bahasa Nasional, tentu saja ini akan berimbas tak baik dari satu sisi. Sebut saja bahasa Alay (gaul) yang penggunanya dari para muda sudah tak terhitung jumlahnya. Bahasa Alay atau disebut juga bahasa pop ini kemudian masuk dalam dunia tulis menulis, dan sebagian besar para muda lebih menyukai membaca ini lalu mengikutinya. Ini akan berbuntut pada penggunaan kaidah-kaidah bahasa yang rentan salah dan atau amburadul.

Belajar dari Restorasi Meiji.
Dalam Restorasi Meiji, sebagai tonggak bersejarah kebangkitan Jepang, proses yang pertama sekali dilakukan adalah menumbuhkan cinta dan bangga pada tanah air dan bahasa Jepang sendiri. Ini dilakukan atas dasar bahwa cinta tanah air dan bahasa adalah kekuatan yang mampu menyatukan bangsa Jepang yang saat itu masih tradisional, terpecah klan, dan tertinggal. Untuk mengawali kebangkitan mereka mulai dari menerbitkan buku-buku yang dan menerjemahkannya dalam bahasa Jepang. Hal ini membantu melejitkan angka pertumbuhan pengetahuan rakyat Jepang hingga mencapai sepuluh persen.

Kita perlu mencontoh Jepang dalam hal ini. Tanpa bermaksud menjadi polisi bahasa yang memagar kreativitas bangsa dalam mengadopsi, menerjemahkan, menyerap, atau memberikan sentuhan-sentuhan baru terhadap bahasa resmi, kita perlu menjaga polusi lain yang merebak dan mengancam kelestarian bahasa tersebut. Mengikuti perkembangan zaman itu perlu, namun tentu dengan berpatokan pada kaidah-kaidah resmi.

Pemuda adalah penentu perkembangan dan kemunduran bahasa. Sebagai penerus peradaban, maka pemuda berpengaruh penuh pada segenap hal yang menyangkut konsekuensi itu. Menggunakan bahasa dengan baik dan benar-spesifiknya dalam ranah kepenulisan dan juga sebagian dalam percakapan-tentu lebih baik untuk mendukung kelestarian dan perkembangan bahasa persatuan tersebut.

Pemuda bertanggung jawab atas rusak dan berkembangnya bahasa persatuan itu. Dalam perkembangannya, pemuda juga berfungsi menciptakan filter untuk menjaga kaidah dan mengembangkan kebakuan sesuai konteks yang dibutuhkan. Karena bahasa akan selalu mengalami kemajuan dan pembaruan, sesuai dengan sifatnya yang elastis, maka menyaring untuk mendapatkan hasil terbaik adalah hal yang perlu sekali dilakukan oleh para muda sehingga kemudian bahasa Indonesia yang sudah memenuhi sejumlah syarat untuk menjadi bahasa ilmu itu bisa terus lestari dan berkembang dengan baik.

Maka, memulai dengan bangga berbahasa Indonesia, menjunjung tinggi bahasa persatuan, menggunakan bahasa Indonesia untuk menerjemahkan buku-buku asing, memperbanyak padanan kata asing, mengembangkan bidang keilmuan dalam bahasa Indonesia, serta mengangkat bahasa Indonesia ke panggung dunia adalah hal awal yang perlu dilakukan para muda Indonesia sendiri. Tentu hal tersebut dilakukan dengan tanpa merusak bahasa dan dengan mengembangkannya sesuai patokan dan kaidah yang konvensional.


T. Dhenny Farial Pratama, ST
Cementing Engineer  -  COSL Indo
Wakil Ketua Umum  -  DPP APPI
Staff Kelautan & Masyarakat Pesisir  -  DPP AMPI
Mantan Aktifis Mahasiswa  -  Universitas Trisakti, Jakarta
 

Belajar Seperti Kartini

Raden Ajeng Kartini, lahir pada 21 April tahun 1879 di kota Jepara, Jawa Tengah. Ia adalah anak salah seorang bangsawan yang masih sangat taat pada adat istiadat. Setelah lulus dari ELS (Europese Lagere School) setingkat Sekolah Dasar, ia tidak diperbolehkan melanjutkan sekolah ke tingkat yang lebih tinggi oleh orangtuanya.

Ia dipingit sambil menunggu waktu untuk dinikahkan. Kartini kecil sangat sedih dengan hal tersebut, ia ingin menentang tapi tak berani karena takut dianggap anak durhaka. Untuk menghilangkan kesedihannya, ia mengumpulkan buku-buku pelajaran dan buku ilmu pengetahuan lainnya yang kemudian dibacanya di taman rumah dengan ditemani Simbok (pembantunya). Membaca menjadi kegemarannya, tiada hari tanpa membaca. Semua buku, termasuk surat kabar dibacanya.

Ia mulai mengumpulkan teman-teman wanitanya untuk diajar tulis menulis dan ilmu pengetahuan lainnya. Di tengah kesibukannya, ia tidak berhenti membaca, tetapi ia juga menulis surat berkorespondensi dengan teman-temannya yang berada di negeri Belanda. Berkat kegigihannya, Kartini berhasil mendirikan Sekolah Wanita di Semarang, Surabaya, Yogyakarta, Malang, Madiun, Cirebon dan daerah lainnya. Nama sekolah tersebut adalah “Sekolah Kartini”.

Pemikiran Kartini
Dari biografi singkat di atas, kiranya sangat beralasan mengapa demikian pentingnya sosok yang melekat pada diri Kartini, sehingga pemerintah berkepentingan untuk menetapkakannya sebagai Pahlawan Nasional, dan hari kelahirannya perlu dikenang dan diperingati. Menurut hemat penulis, terdapat beberapa catatan penting yang dapat kita pelajari dari sosok kehidupan, perilaku dan pemikiran Kartini:

Pertama, patuh dan taat pada orang tua. Sebagimana disebutkan dalam biogarifinya, kendati keinginan untuk melanjutkan pendidikan setamat ELS (Europese Lagere School) setingkat Sekolah Dasar, namun karena adat istiadat yang berlaku waktu itu belum lazim dan orang tuanya pun tidak memperkenankan dirinya untuk melanjutkan sekolahnya, maka Kartini pun memilih untuk besikap patuh dan taat atas keputusan yang diambil orang tuanya, yaitu menetap di rumah alias tidak melanjutkan sekolah. Hal ini mencerminkan pada kita, meski harus mengorbankan keinginan yang menggebu untuk melanjutkan pendidikannya, namun karena keputusan orang tuanya, Kartini lebih memilih sikap patuh dan taat kepada orang tuanya, artinya ia tidak ingin mendurhakai orang tuanya;

Kedua, pantang menyerah dan gigih berusaha dalam mengagapi cita-cita. Sejarah membuktikan, kendati berada dalam pingitan dan tidak melanjutkan pendidikan ke sekolah formal, namun gelora hati Kartini untuk terus belajar tidak terhenti, cita-citanya untuk memajukan diri dan kaumnya (kaum perempuan) terus diupayakan melalui cara-cara yang dapat ia lakukan. Di antaranya dengan bertanya kepada ayahnya (RM Sosroningrat) dan berkorespondensi dengan teman-temannya di Belanda, terutama sekali dengan Mr JH Abendanon.

Sebagai seorang penulis dan pemikir, Kartini adalah sosok yang memiliki intelektualitas dengan kemampuannya mengemukakan gagasan-gagasan cemerlang seputar masalah sosial, pendidikan dan gender yang tidak cukup popular di zamannya. Door Duisternis tot Licht (Habis Gelap Terbitlah Terang), adalah judul buku dari kumpulan surat-surat RA Kartini untuk sahabat penanya Stella di Belanda yang dirilis pada 1911, begitu fenomenal dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia;

Ketiga, visioner (memiliki pandangan jauh ke depan). Dari hasil bacaan dan korespondensinya, muncul gagasan Kartini bahwa kehidupan kaum wanita harus maju sejajar dengan kaum pria. Untuk itu, maka kaum wanita pun harus belajar, tidak hanya mengurusi rumah tangga (dapur, kasur, dan sumur). Dari buku-buku, koran, dan majalah Eropa, Kartini tertarik pada kemajuan berpikir perempuan Eropa dan timbul keinginannya untuk memajukan perempuan pribumi, yang waktu itu tergolong berada dalam status sosial yang rendah;

Keempat, memiliki kepedulian sosial. Ketidaksempatan Kartini untuk meneruskan belajarnya secara formal, termasuk kesempatan beasiswa yang tidak sempat dinikmatinya, ternyata tidak membuat sosok Kartini putus asa atau pun berdiam diri. Kartini lebih memilih berkompensasi melampiaskan cita-cita dan harapannya dengan bentuk yang positif dan konstruktif demi kemajuan kaumnya. Ia kumpulkan kaum perempuan di rumahnya. Ia ajari mereka membaca dan menulis. Ia berikan mereka ilmu pengetahuan, keterampilan dan wawasan;

Kelima, memiliki kepedulian terhadap kehidupan religius (Agama Islam). Hal ini jarang dicuatkan dalam sejarah, bahwa ternyata sosok Kartini adalah orang yang peduli pada masalah keagamaan (Islam) yang diyakininya. Padahal, dalam kehidupannya, Kartini adalah sosok yang peduli dengan ajaran agama Islam, hal ini terungkap dalam biografinya: “Dalam suratnya kepada Ny Van Kol, tanggal 21 Juli 1902, Kartini juga menulis; Saya bertekad dan berupaya memperbaiki citra Islam, yang selama ini kerap menjadi sasaran fitnah. Semoga kami mendapat rahmat, dapat bekerja membuat agama lain memandang Islam sebagai agama disukai. Lalu dalam surat ke Ny Abendanon, bertanggal 1 Agustus 1903, Kartini juga menulis; “Ingin benar saya menggunakan gelar tertinggi, yaitu Hamba Allah. (Teguh Setiawan, Republika, 1 April 2012).

Sebagai pelajaran

Penulis percaya, bahwa masih banyak lagi sisi-sisi lain dari kehidupan Kartini yang dapat kita petik sebagai pelajaran. Yang perlu dicatat adalah, bahwa dengan membaca dan menelusuri riwayat kehidupan, gagasan, pandangan, pemikiran, dan usaha-usaha yang telah dilakukan oleh Kartini, maka wajarlah bila ia dinobatkan sebagai Pahlawan Nasional. Karena kepeloporan dan ketokohannya memang layak untuk diteladani, untuk dijadikan contoh/teladan.

Kartini adalah tokoh emansipasi, motivator dan inspirator bagi kaum wanita khususnya, dan bagi kita semua pada umumnya. Banyak hal yang dapat kita petik sebagai pelajaran dari Kartini. Namun, keberhasilan perjuangan RA Kartini dalam menegakkan hak kaum wanita Indonesia, pada kenyataan yang ada saat ini justru terbilang menyedihkan. Sebab kesuksesan yang telah diraih malah menjadikan sebagian besar wanita meninggalkan adat sebagaimana yang dicontohkan Kartini.

Lalu, masih adakah Kartini zaman sekarang? Tanggal 21 April yang dideru-derukan sebagai hari Kartini tentu bukan sekedar peringatan. Banyak harapan yang digantungkan pada para wanita lewat peringatan tersebut. Tetapi jika menilik jiwa Kartini pada zaman dulu dan ‘Kartini’ yang ada pada zaman sekarang, jelas telah memiliki perbedaan yang sangat kontras. Baik itu dalam hal gaya, karakter terlebih pada kepribadian.