"Welcome to my Blog"

Selamat datang di Blog saya. Bienvenue sur mon Blog. Willkommen in meinem Blog. Benvenuti nel mio blog. Welcome to my Blog. Bienvenidos a mi blog. Welkom op mijn Blog.

Selasa, 17 Juli 2012

Indonesian Culture Akar Dari Gerakan Perubahan

Wacana gerakan perubahan sering dimaknai secara kental di bidang politik, ekonomi, hukum, dan lembaga-lembaga negara. Padahal, perubahan di bidang-bidang itu dapat berlangsung apabila gerakan perubahan dapat menjiwai roh kebudayaan Indonesia yang telah menjadi akar adab dan peradaban bangsa Indonesia selama ini.

Pola pemikiran kontinental, seperti demokrasi, jangan diambil dan diterapkan mentah-mentah di Indonesia. Sebab, budaya Indonesia ini sejatinya adalah maritim (kelautan), bukan kontinental seperti di Eropa. Dalam budaya maritim, misalnya, kita tidak mengenal individualisme. Sebab bangsa maritim menerjang lautan dengan kebersamaan (kolektivisme).

Contoh lain dari budaya maritim, adalah pemikiran yang terbuka (open minded). Masyarakat maritim, membentuk kota-kota pelabuhan (bandar-bandar). Sebagai Bandar, masyarakat terbuka pada hal-hal yang asing, kedatangan bangsa-bangsa asing untuk berdagang, dan akhirnya bersentuhan dengan budaya-budaya asing. Karena itu, sejatinya Indonesia percaya diri dengan budayanya, tidak takut terhadap hal-hal yang asing. Kita tidak punya sikap Xenophobia.

Demikian pentingnya kebudayaan dalam menuntun seluruh aspek kehidupan berbangsa dan bernegara, sehingga keberadaan bangsa sepenuhnya ditentukan oleh budaya. Negara bisa saja gagal, tetapi selama budaya masih hidup dan berkembang maka bangsa akan tetap ada. Tetapi, apabila budaya dibuang dan punah, maka bangsa Indonesia akan menjadi bangsa yang gagal.

Karena itu, gerakan perubahan  jangan hanya berkonsentrasi pada perubahan politik, ekonomi, hukum dan lembaga-lembaga negara, melainkan harus pula menekankan aspek kebudayaan. Penekanan pada kebudayaan akan membuat gerakan perubahan terus hidup dan mengilhami seluruh aspek kehidupan masyarakat Indonesia.


Dhenny Farial Pratama, ST
Wakil Ketua Umum - DPP APPI (Aliansi Pemuda Pekerja Indonesia)
Staff Kelautan dan Masyarakat Pesisir - DPP AMPI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar